Selasa, 03 September 2013

Kuliah Sambil Kerja? Hmm...



Kali ini gue akan sedikit bercerita tentang pengalaman gue kerja di saat masih kuliah. Mungkin sekitar setahun yang lalu, waktu itu gue mahasiswi tingkat 2. Iya bisa dibilang belum tua-tua amat #efekmahasiswitingkatakhir. Awalnya sih nggak kepikiran untuk kerja sambil kuliah, apalagi gue tau jadwal kuliahnya agak rapet-rapet gitu kayak sisir kutu.

Tapi takdir berkata lain #tsaah. Ceritanya pacar gue, iya pacar. Sejenis spesies yang bikin nyaman itu hahaha #fokus. Nah, pacar gue ini udah kerja duluan di perusahaan konsultan sebagai konsultan supervisi, diajakin kakak tingkatnya. Kerjanya ngawasin pekerjaan jalan punyanya PU Depok. Jam kerjanya kayak kalong, berangkat malem pulang pagi. Mungkin kalo gue udah jadi istrinya bakal frustasi karna ditinggal setiap malem -__-

Kemudian, perusahaan konsultan ini ngambil paket DED Rehab, yaitu ngerencanain jalan lingkungan. Mulai dari gambar sampe estimasi biaya. Karna ada seratus lokasi lebih yang direncanain, pastilah butuh banyak pekerja. Buat nyari pekerja yang bisa gambar atau biasa disebut drafter, lebih sulit ketimbang nyari pekerja lapangan atau surveyor. Pacar gue ini rekomendasiin gue ke bosnya untuk jadi drafter. Dan gue harus menjalani tes terlebih dahulu. Udah kayak mau jadi PNS haha.

Gue dikasih gambar sama bos ini, disuruh gambar ulang, pake program tentunya. Dikasih waktu sekitar 2 minggu kalo nggak salah. Singkat cerita, gambarnya udah selesai dan akhirnya dikasih lagi ke bos. Dan hasilnya... Jeng jeng jeng... Ya keterima lah, kalo nggak ya postingan ini nggak ada -__-

Resmi deh gue jadi duta pentin, bukan bukan, drafter di tim itu maksudnya. Tapi ternyata ujung-ujungnya kerjaan gue merangkap, jadi drafter sekaligus surveyor. Jadi hampir setiap hari sebelum berangkat kuliah, kita bertiga (sama pacar gue, hasbi dan temannya, frezka) ngukur jalan dulu. Prosedurnya adalah pertama ngedatengin petinggi di daerah itu dulu, entah itu RT, RW, atau LPM. Abis itu turun ke jalan yang mau diukur, sambil panas-panasan hasbi sama frezka narik meteran, ngukur panjang sama lebar si jalan. Gue kebagian gambar, bukan gambar pemandangan bukan, tapi gambar si jalan itu dan situasi di sekilingnya. Setelah dapet informasi yang dibutuhin, kayak sket jalan, foto, dan video, akhirnya tinggal diolah jadi gambar perencanaan dan Rencana Anggaran Biayanya.

Kegiatan ini berulang hampir setiap hari, kulit mulai berubah semakin gelap dari hari ke hari, jadi dekil-dekil gimana gitu gara-gara kejemur matahari terus kayak ikan asin. Tapi enaknya adalah sering makan gratis, sangat menguntungkan buat anak kosan macam gue, hahaha.

Dalam pengerjaan produknya pun memakan waktu dan energi yang banyak. Sebelum deadline pengumpulan, bisa setiap malem gue begadang alias nggak tidur, abis subuh baru bisa tidur. Pola hidupnya gitu2 aja tiap hari.

Tapi banyak yang bisa gue dapetin dari kerjaan ini, pengetahuan juga pengalaman yang nggak bisa dibayar sama apapun. Jadi ya gitu bergaulnya sama bapak-bapak, panas-panasan, ujan-ujanan udah jadi hal yang biasa. Sampe harus ngeliat sendiri gimana keadaan politik di negara kita -yang bisa dibilang yaa gituuuu- ngerti lah haha. Dan akhirnya berat badan gue turun sangat drastis, fiyuuh!

Tibalah saat yang gue tunggu-tunggu, apalagi kalo bukan gajian. Haha. Bayangan pengen beli ini beli itu udah numpuk di otak gue kayak cucian kotor. Tapi yang kebeli nggak banyak. Akhirnya punya kepuasan tersendiri ketika gue bisa beli hape sendiri tanpa pake uang orang tua, murni dari kerja keras gue selama beberapa bulan itu. Ngerasa seneng juga karna waktu itu sempet nggak dikirim beberapa minggu, setidaknya gue meringankan beban orang tua biarpun cuma sebentar.

Tapi setelah itu, nyokap minta gue untuk istirahat dulu ngeliat kondisi gue yang kurus kerontang. Jadi untuk sekarang gue paling bantu-bantu doang, nggak megang tanggung jawab, jadi kalo lagi nganggur aja ngerjain yang gitu-gituan. Mungkin nanti bakal nyoba lagi setelah selesai skripsi, semoga jadwal nggak padet-padet amat.

Yah, seru sih buat nyari pengalaman, sah-sah aja kok, selama kita seneng ngejalaninnya, buat bekel kita juga biar nanti pas lulus nggak kaget dan bingung mau ngapain. Seenggaknya mencoba hal baru itu menyenangkan. Tapi nggak juga menyampingkan urusan kuliah. Gimanapun caranya kuliah harus tetep jalan, walaupun kadang-kadang harus bolos, haha #samaaja #bodoamat


Yaudah, kepanjangan kayaknya cerita gue kali ini. Cukup sekian semoga bermanfaat. See you next post!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar